Tuesday, January 28, 2014

Karnaval Harus Berakhir

Tak ada cara yang mudah untuk mengatakannya. Kami tahu akan banyak orang yang kecewa, mereka yang (barangkali) mengikuti jejak kami selama ini. Sebuah band dari selatan Yogyakarta bernama Aurette and The Polska Seeking Carnival (AATPSC). Namun diam terlalu lama juga akan membuat semuanya makin sulit, jadi kami memutuskan lebih baik kami katakan sekarang kepada para carnivalse (pendengar musik kami) dan ke khalayak luas, bahwa karnaval harus berakhir.

            Bermula dari keisengan segerombolan mahasiswa kampus seni di selatan Jogja yang bosan dengan setiap hari perkuliahan, AATPSC terbentuk pada bulan april 2012. Ya, Aurette bermula sebagai band untuk senang-senang, melupakan sejenak perkara akademis di kampus yang kadang teramat menjenuhkan. Setelah 2 tahun, band iseng ini ternyata tak bisa jadi iseng lagi, karena keisengan kami ternyata mendapat apresiasi. Musik kami diterima. Setelah hampir 2 tahun, AATPSC berwara-wiri ke berbagai panggung. Besar maupun kecil. Kami banyak manggung di Jogja, sempat berkunjung ke luar kota juga seperti Bali, Bandung, dan Jakarta. Kami banyak bersenang-senang di panggung tersebut. Dengan harapan semoga carnivalse juga bersenang-senang di situ.

            Bentuk keseriusan band ini terwujud dalam sebuah EP atau mini album atau album (terserah kalian menyebutnya apa) “Self Titled” berisi 7 lagu. Album tersebut dirilis dalam 3 format fisik yakni kaset pita, CD, dan vinyl. Serta sempat dirilis bebas unduh.

            Setelah hampir 2 tahun kami bermusik, tak sedikit media (sidestream atau mainstream) yang menulis tentang kami. Ini menandakan Aurette and The Polska Seeking Carnival, sebuah band iseng-iseng dari selatan Jogja agaknya sudah menorehkan sedikit jejak di industri musik Indonesia.

            Ok, cukup sudah bernostalgia. Singkat cerita begini, meminjam istilah aa’ Ariel dari Peterpan (atau Noah) bahwa “tak ada yang abadi” maka kesenangan karnaval yang AATPSC bawakan juga tak bisa jadi abadi. Tulisan singkat ini adalah pernyataan resmi bahwa terhitung semenjak 27 januari 2014 Aurette and The Polska Seeking Carnival (AATPSC) dinyatakan BUBAR. Kami harus mengakhiri kemeriahan karnaval yang selama hampir 2 tahun ini kami gaungkan. Kalau ditanya alasannya, kami ingin kembali ke dunia akademis. Beginilah band yang beranggotakan para mahasiswa. Kami harus kembali ke peran utama kami sebagai pelajar. Maka rombongan sirkus pantai selatan ini harus dibubarkan agar kami para anggotanya dapat kembali fokus ke dunia akademis, tanggung jawab kami yang paling utama.

            Tentu kami harus mengucapkan terima kasih kepada semesta. Ya, semesta dan segala isinya yang telah mendukung terbentuknya band ini. Orang-orang yang banyak membantu perjalanan band ini semenjak terbentuk hingga awal tahun 2014 ini. Mereka yang rela meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu mengenalkan band ini pada dunia. Terima kasih banyak kepada carnivalse, yang rela menyisihkan uangnya menebus rilisan album kami. Rela hadir ke setiap gigs dimana kami bermain. Sungguh, 2 tahun terakhir ini adalah momen luar biasa dan menyenangkan. Bersama kalian di setiap panggung adalah pengalaman yang tak akan terlupakan.

            Tulisan singkat ini harus diakhiri sama seperti judulnya bahwa karnaval harus berakhir. Kami harus mengucapkan maaf, kepada siapapun yang kami kecewakan. Apabila selama hampir 2 tahun ini ada tindakan kami yang menyakiti kalian, sungguh kami tak ada niat jahat apapun. Barangkali itu adalah bukti bahwa kami manusia, tak luput dari salah dan dosa. Kepada para carnivalse, maafkan kami!! Maaf kami harus berhenti sampai disini. Mungkin kita akan bertemu lagi di dunia lain, dunia yang berbeda dengan karnaval yang berbeda. Sebuah dunia utopis bernama Wonderland? Sekarang ijinkan kami kembali berjalan di setapak kecil kami, sebagai para pelajar yang ingin berkonsentrasi ke dunia akademis yang digelutinya.

Yogyakarta, 28 januari 2014.

Salam.

AATPSC           

13 comments:

  1. Tidak harus bubar, vakum dulu aja. Itu lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Baru aja tau lagu kalian, baru aja mau nulis tentang kalian di blog saya, lah malah bubar?

    Shock banget rasanya :(

    ReplyDelete
  3. Ah warna-warni karnaval yg selalu kurindu...

    :(

    ReplyDelete
  4. ya baguslah, silakan kembali ke bangku kuliah utk mengejar ilmu dan juga memenuhi tuntutan orang tua..

    selamat berkarya di media yg lain, di dunia yg lain utk kebaikan kita semuaa..

    ReplyDelete
  5. yah, baru aja tau lagu kalian yang i love you more than pizza.
    sekarang malah bubar.

    ReplyDelete
  6. laah laah, baru aja diundang, mosok bubar.
    kata Mas Aris vakum tuh.

    ReplyDelete
  7. terbentuk, bikin mini album dan akhirnya bubar untuk kembali ke dunia akademis. salute!

    ReplyDelete
  8. gua baru tau band ini, terus nyari infonya yang keluar malah berita ini -_- sayang bangeeeeeettt

    ReplyDelete
  9. semangat yaa.... masih ada lain waktu. we love you guys!!

    ReplyDelete
  10. Merasa beruntung kebagian rilisan fisik ep kalian dalam bentuk kaset :)

    ReplyDelete
  11. sumpah lah nyesel pernah denger lagunya kalau akhirnya tau band ini malah bubar. sedih

    ReplyDelete
  12. Baru tau barusan, ehh malah udah bubar dua tahunan lalu

    ReplyDelete